Railing Berbahan Kaca Ternyata Juga Memiliki Kelemahan Loh! Simak Penjelasannya Berikut!

No Comments

Kelemahan Railing Berbahan Kaca

Sebagai pelindung ataupun pagar pembatas, railing memiliki beragam variasi bahan dan bentuk untuk menunjang daya tahan serta tampilannya. Salah satu jenis railing yang memiliki desain paling unik dan memberi kesan mewah adalah  railing kaca. Penggunaannya bisa dimanfaatkan untuk menghiasi tangga ataupun balkon yang indah dan tentunya memiliki daya tahan yang cukup baik.

Kelemahan Railing Berbahan Kaca

Walaupun memiliki keunggulan dari desain nya yang sangat unik, railing berbahan kaca juga memiliki beberapa kelemahan. Namun kelemahan ini masih bisa diatasi dengan memilih kualitas kaca yang baik, berikut adalah beberapa kekurangan dari penggunaan railing bahan kaca

1. Mudah Tergores

Kelemahan Railing Berbahan Kaca

Kelemahan pertama yang bisa dilihat dari penggunaan railing berbahan kaca adalah permukaannya yang mudah tergores. Warna kaca yang bening akan rentan menampilkan goresan dibandingkan bahan  lainnya walaupun sangat tipis. Bahkan, benturan ringan walaupun tidak menyebabkan pecah, bisa saja membentuk retakan dan goresan dari dalam yang tidak bisa dibersihkan dengan cara apapun.

Namun jika digunakan dengan baik dan tidak ada anak kecil yang biasanya suka bereksplorasi, maka masalah ini tidak akan terjadi. Terlebih jika railing kaca dimanfaatkan untuk tangga sebagai akses penghubung antara lantai satu dengan lainnya, maka kemungkinan dibuat main-main semakin kecil akibat fungsinya yang hanya untuk mobilitas saja.

2. Berpotensi pecah

Semua bahan kaca sudah tentu memiliki kelemahan dari bahannya yang bisa pecah akibat berbagai faktor, seperti benturan atau pukulan yang keras. Hal inilah yang biasanya membuat banyak orang enggan menggunakannya selain karena harganya cukup tinggi. Railing kaca yang pecah tidak akan bisa diperbaiki, bahkan pecahannya malah membahayakan karena bisa melukai.

Namun, jika pemasangan dilakukan dengan benar, serta mampu memilih kaca yang memiliki daya tahan cukup baik, maka kondisi ini tidak akan terjadi. Pada umumnya bahan kaca yang digunakan adalah tempered yang sudah melalui proses pendinginan mendadak sehingga sangat kuat. Pecahannya pun tumpul sehingga tidak membahayakan orang di sekitarnya

3. Mudah Meninggalkan Bekas Air Saat Dibersihkan

Kelemahan Railing Berbahan Kaca

Wana bening dari kaca memang memiliki banyak kelebihan dari tampilannya yang lebih elegan  dan mewah. Selain itu, kaca juga mudah ditembus cahaya karena transparan, sehingga benda yang ada dibaliknya bisa terlihat jelas. Namun, sifat ini juga memiliki kelemahan karena mudah menampilkan warna noda yang menempel walaupun sedikit, sehingga harus dibersihkan secara maksimal.

Selain noda, bekas cairan kaca pembersih yang digunakan untuk merawatnya juga bisa meninggalkan bekas usapan buram. Oleh sebab itu, jika menggunakan railing kaca seseorang harus membersihkannya secara sempurna. Bilasan awal menggunakan lap basah dengan cairan pembersih, dan selanjutnya dilap lagi dengan kain yang kering.

4. Mengeluarkan Suara yang Keras Saat Terbentur Logam

Kelemahan Railing Berbahan Kaca

Bagi sebagian orang, sifat railing yang terlalu sensitif terhadap suara juga bisa mengganggu kenyamanan mereka. Sementara itu, railing berbahan kaca akan menghasilkan suara yang cukup keras jika terkena benturan logam.

Terlebih jika bahan logam tersebut digesek, maka akan terdengar ngilu di telinga. Kondisi ini menyebabkan railing berbahan kaca tidak begitu ramah bagi anda yang memiliki anak kecil aktif, karena mereka masih suka bermain-main dengan permukaannya.

Beberapa kelemahan pembatas kaca di atas bisa dijadikan pertimbangan sebelum anda memutuskan untuk menggunakannya sebagai pelengkap interior rumah atau bangunan. Selain itu, anda juga bisa menjadikannya sebagai bahan persiapan yang harus dilakukan untuk melakukan perawatan yang sesuai. Misalnya membeli cairan pembersih kaca yang baik agar ketika membersihkan railing kaca tidak menyisakan bekas yang merusak tampilannya.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *