Begini Cara Memasang Dan Harga Paving Block Di Sini!

No Comments

 

Cara Memasang Dan Harga Paving Block

Conblock atau yang biasa dikenal dengan paving block merupakan beton dengan ukuran dan bentuk tertentu yang biasanya dipakai untuk menutupi lapisan jalan, taman, hingga trotoar. Karena paving block memiliki ukuran, bentuk serta warna yang berbeda-beda membuat harga paving block juga berbeda-beda tergantung jenis yang dipilih.

Paving block banyak digunakan karena dinilai murah serta mudah pemasangannya. Bagi yang penasaran terkait langkah-langkah pemasangan paving block dapat menyimaknya di bawah ini.

Langkah Pemasangan Paving Blok

Paving block memang banyak dipilih untuk digunakan baik di taman, trotoar maupun jalan. Pemilihan ini bukan tanpa alasan, pasalnya harga paving yang cukup terjangkau serta pemasangannya yang mudah. Pemasangan paving block dapat dilakukan dengan langkah-langkah ini.

1. Menyiapkan Permukaan Paving

Sebelum mulai memasang paving block tentu permukaan lahan yang nantinya akan dipasangi paving block harus disiapkan terlebih dahulu. Harus diketahui jika permukaan dari lahan yang akan dipasangi paving haruslah rata atau selevel.

Untuk itu perlu adanya perataan pada lahan tersebut. Cara perataan dapat dilakukan secara beragam. Jika sudah dipastikan lahan rata atau selevel maka dapat mulai dilakukan pemasangan paving.

2. Persiapan Pemasangan Paving

Selanjutnya mulai dilakukan persiapan pemasangan paving. Persiapan yang dilakukan pertama adalah dengan memasang kanstin beton. Ini fungsinya untuk menjadi pengunci dari paving block nantinya. Penguncian ini diperlukan agar nanti paving block tidak bergeser lagi.

Pada lahan yang akan dipasangi paving block beri abu batu atau dapat juga diganti pasir. Pemberian dari abu batu atau pasir ini harus disesuaikan dengan kemiringan dari lahan sesuai yang telah ditentukan. Selanjutnya ratakan abu batu atau pasir tersebut.

3. Pemasangan Paving Block

Jika abu batu atau pasir sudah rata, selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mulai melakukan pemasangan paving block. Pemasangan paving block dilakukan secara maju. Jadi nanti pekerja yang melakukan pemasangan paving ada di atas paving yang telah terpasang.

4. Finishing

Setelah pemasangan selesai dilakukan, langkah yang harus ditempuh adalah finishing. Langkah ini mengharuskan adanya pemasangan paving block pada bagian-bagian yang belum tertutup paving block.

Pekerja harus mengisi sudut-sudut yang belum terpasang sesuai dengan bentuk yang dibutuhkan. Untuk itu tentu harus ada pemotongan pada paving block guna menyesuaikan dengan bentuk tersebut. Lalu dengan apa pemotongan tersebut dilakukan? Pemotongan pada paving block dapat dilakukan dengan menggunakan alat potong khusus paving block atau biasa disebut paving block cutter.

5. Pembersihan

Terakhir kalau semua bagian sudah terpasang dengan baik serta finishing sudah dilakukan, kemudian masuk di bagian pembersihan. Sebelum mulai melakukan pembersihan pekerja harus mengisi sela-sela antar paving block dengan menggunakan abu batu atau dapat diganti pasir.

Jika hal tersebut sudah dilakukan maka kemudian dapat mulai dilakukan pembersihan. Area yang telah terpasang paving block mulai dilakukan pembersihan dari sisa-sisa abu batu atau pasir yang digunakan mengisi sela-sela paving block.

Harga Paving Block

Itu tadi adalah langkah-langkah mudah untuk memasang paving block. Namun, jika ingin menggunakan paving block selain memahami langkah-langkahnya harus diperhatikan juga harga dari paving block di pasaran.

Umumnya harga yang yang disediakan adalah harga paving block per m2. Tiap-tiap meter dari paving block memiliki harga yang berbeda-beda. Ini ditentukan dari bentuk, ketebalan, kualitas, ukuran serta beberapa faktor lainnya. Rata-rata harga di pasaran berkisar di angka Rp. 120.000 sampai dengan Rp. 150.000 per m2.

Ternyata ada langkah-langkah mudah yang dapat dilakukan untuk memasang paving block. Tentunya selain memperhatikan langkah-langkah, calon pengguna paving block juga harus mempertimbangkan harga paving block di pasaran ya. Jika memiliki dana lebih, tak ada salahnya untuk memilih paving block yang dirasa berkualitas terbaik.

Categories: Konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *